Agar aBelajar Jadi Optimal

1. MENGUATKAN KEMAUAN
Ingat, Innamal a'malu binniat, segala sesuatu tergantung niatnya. Jika kita berniat menjadi lebih baik, yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan dengan jelas sejak awal tahun. Kita pun harus senantiasa mengingatkan diri sendiri tentang pentingnya belajar. Satu hal lagi, ingatlah bahwa persaingan itu selalu ada. Jadi, kamu lebih terpacu untuk selalu berusaha lebih baik.

2. MEMUSATKAN PERHATIAN DAN KONSENTRASI
Coba deh cari tempat belajar yang bisa membantu kamu lebih konsentrasi, misalnya penerangnnya cukup, tidak terlalu bising de el el. Tapi tentu saja tidak kemudian dipaksakan dan mengorbankan anggota keluarga lainnya. Jika rumahmu termasuk rumah yang ramai, kamu harus menentukan jam belajarmu. Insya Allah anggota keluarga yg lain akan membantu dengan bersikap lebih tenang pada jam-jam belajarmu tersebut.

3. MEMBACA DAN MENDALAMI BACAAN
Belajarlah membaca secara keseluruhan, teliti, dan mendetil. Ini akan memudahkanmu memahami tajuk bacaan dan membuat apa yg telah dibaca tidak mudah terlupakan. Selain itu, coba deh untuk membuat soal2 di tepi bacaan yang nantinya bisa dijawab. Lalu, biasakan menandai bagian yang penting dengan stabilo atau spidol berwarna serta membuat ringkasan mengenai hal2 yang pokok atau penting dari suatu bacaan.

4. MENGHAFAL
Dalam menghafal cobalah untuk mecicilnya, jangan membiasakan diri untuk SKS (Sisten Kebut Semalam). Percaya deh, ga bakan optimal hasilnya ketimbang kamu mencicil menghapal karena otak kita pun memiliki keterbatasan.

5. MENGULANGI HAPALAN SEBELUM TIDUR
Sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk mengulang bacaan atau hapalan, karena otak kita dalam keadaan rileks yang memudahkan pemahaman. Perlu kesadaran yang tinggi untuk membiasaakannya.

6. BELAJARLAH SETELAH SHALAT MALAM (TAHAJUD)
Waktu fajar (antara pukul 03.30 sampai 04.30) menurut hasil penelitian adalah masa yang paling baik untuk belajar dan menghapal. Karena otak dan tubuh kita berada dalam keadaan fresh dan sangat baik jika dimanfaatkan untuk belajar.

Nah, ga susah kan belajar dengan baik dan benar? Yang di butuhkan adalah niat dan kesungguhan.


by : Sandra Jamiatu Rahmah

0 komentar: